Cara Menggunakan Avometer Digital serta Analog - Apakah anda sedang mencari tahu bagaimana cara menggunkan Avometer digital dan analog? jika iya,baca lah ulasan berikut ini sampai selesai ya. Cara menggunakan avometer digital atau yang biasa disebut sebagai multitester sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Avometer atau multitester sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur macam-macam elemen di dalam elektronika. Diantaranya yaitu arus, tegangan dan juga hambatan, 3 elemen di dalam elektronika ini dapat diukur menggunakan avometer ini. Avometer juga dapat digunakan untuk mengecek apakah komponen elektronika rusak atau tidak.Nah Untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai cara memakai multitester digital ini, silakan simak ulasan berikut ini.



Cara Mudah Menggunakan Avometer Analog dan Digital

Huruf AVO yang ada pada avometer sendiri merupakan satuan-satuan yang dapat diukur menggunakan alat ini. A merupakan singkatan dari Ampere yang merupakan satuan dari arus. Sementara itu V merupakan singkatan dari Volt yang merupakan satuan dari tegangan. Dan Untuk O sendiri merupakan singkatan dari Ohm, yaitu satuan dari hambatan. Untuk cara menggunakan avometer digital ini sendiri tidak lah sulit untuk dilakukan. Sesuai namanya, avometer ini dilengkapi dengan display digital yaitu layarnya yang menampilkan angka-angkahasil . Sementara untuk avometer analog sendiri masih menggunakan jarum dan masih mengandalkan sistem analog. Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara penggunaan avometer, ini dia cara-caranya:

1. Tekan Switch
Langkah awal Cara menggunakan avometer digital yaitu tekan tombol Switch untuk menghidupkan alat ini.

2. Siapkan benda yang ingin diukur
Setelah dihidupkan, siapkanlah benda yang akan diukur.Misalnya saja Anda ingin mengukur resistor, maka siapkan resistor yang Anda ingin ukur hambatannya tersebut.

Baca juga:
Tahapan Cara Menggunakan Minyak Lintah Hitam Papua Yang Tepat
Cara menggunakan GPS android
Tahapan cara menggunakan Bolt wifi

3. Arahkan sakelar
Selanjutnya, arahkanlah sakelar ke satuan Ohm dan buatlah batas maksimal dari nilai ukurnya misalnya contohnya nih 1K saja.

4. Letakkan probe merah
setelah mengarahkan sakelar ke satuan Ohm Selanjutnya, letakkan probe merah di salah satu kaki resistor dan probe hitam di kaki lainnya.

Secara menyeluruh, cara menggunakan multitester analog mirip dengan langkah-langkah di atas. Perbedaannya hanyalah pada tampilan hasil akhirnya, jika menggunakan multitester yang analog, maka ukuran yang ditampilkan adalah dengan sistem analog. Sementara jika menggunakan yang digital maka sudah berupa angka-angka. Setelah melakukan cara menggunakan avometer digital di atas, perhatikan hasil yang ditampilkan. Begitulah cara mudah menggunakan avometer untuk menghitung hambatan dari sebuah resistor. Jika ingin menghitung arus, silakan saja pindahkan sakelar ke Ampere. Begitu juga ketika ingin menghitung tegangan maka pindahkan sakelar ke Volt.

Penting juga untuk Anda ketahui yaitu dalam pemasangan kabel, lakukanlah secara tepat ya. Sebelum digunakan, pasanglah dulu kabel hitam ke COM dan pasanglah kabel berwarna merah ke lubang yang ada di paling kanan. Jika Anda sudah selesai memasang kabel, barulah Anda dapat memulai untuk menggunakan avometer digital ini. Sangat di harapkan setelah membaca ulasan ini, tentu saja Anda sudah memiliki bayangan mengenai cara menggunakan avometer. Namun agar Anda lebih paham lagi, maka dari itu silakan coba dan praktekkan sendiri langkah-langkah di atas ya. Demikianlah ulasan mengenai cara menggunakan avometer digital, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.