Cara Menggunakan Jaringan 4G Telkomsel - Jaringan 4G merupakan jaringan internet tercepat saat ini di Indonesia. 4G sendiri merupakan generasi keempat teknologi telephon seluler. Teknologi ini merupakan hasil pegembangan teknologi-teknologi sebelumnya, yaitu 2G dan 3G. Teknologi 4G dapat diterapkan pada smartphone LTE serta laptop yang memakai modem USB. Dengan menggunakan teknologi ini, koneksi internet akan semakin cepat dan juga semakin baik. Sebagai operator papan atas saat ini di Indonesia, Telkomsel telah mengaplikasikan teknologi tersebut dengan diluncurkannya perdana Simpati 4G. Bagi pengguna kartu SIM lama yang masih 3G, cara menggunakan jaringan 4G Telkomsel tetap bisa dilakukan dengan cara migrasi atau mengupgradenya.



Cara Melakukan Migrasi Serta Setting ke Jaringan 4G Telkomsel

Untuk melakukan migrasi jaringan 3G kejaringan 4G telkomsel, pelanggan membutuhkan kartu SIM yang lama serta sebuah ‘Kartu Upgrade 4G Telkomsel’. Yang dimaksud dengan ‘Kartu Upgrade 4G Telkomsel’ merupakan kartu perdana yang khusus digunakan untuk melakukan migrasi tersebut. Kartu yang digunakan untuk bisa menggunakan jaringan LTE Telkomsel ini tidak didistribusikan dengan bebas, tetapi hanya di outlet-outlet terpilih, ataupun event-event tertentu. Cara melakukan migrasi tersebut dapat dilakukan dalam 2 langkah yaitu:

1. Langkah Yang pertama
Langkah pertama Cara menggunakan jaringan 4G Telkomsel dengan melakukan migrasi, dimana smartphone masih menggunakan kartu SIM lama. Langkah pertama ini dilakukan dengan mendial ke *888*46#, kemudian pilih menu 1 agar dapat memperoleh PIN/Token. Selanjutnya masukkan nomor ‘Kartu Upgrade 4G Telkomsel’ dan lakukan konfirmasi. Setelah selesai pilih ‘YA’ dan catat PIN/Token yang telah diperoleh.

2. Langkah Yang kedua
tukarkan terlebih dahulu kartu SIM lama dengan ‘Kartu Upgrade 4G Telkomsel’Sebelum melakukan langkah kedua. Setelah ditukar langkah Selanjutnya aktifkan kartu ini ke nomor 4444. Setelah aktif, hubungi nomor *888*46# dan pilih menu 2. Lakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan menekan ‘YA’ dan diikuti dengan memasukkan nomor SIM lama. Lanjutkan dengan memasukkan PIN/Token yang telah diperoleh dari langkah pertama, lalu pilih ‘YA’. Permintaan migrasi sebagai cara menggunakan jaringan 4G Telkomsel akhirnya selesai dan tinggal menunggu SMS konfirmasi.

Baca juga:
Test Cara Mengetahui Bakat Dari Sidik Jari Yang Betul
4 Tahapan Cara Menggunakan Conditioner Yang Tepat dan Hasil Maksimal
7 Tahapan Cara Menggunakan VPN di PC Untuk Internet Gratis

Setelah melakukan migrasi, maka jaringan 4G dapat dinikmati tanpa harus membeli kartu perdana yang baru. Berikutnya Cara menggunakan jaringan 4G Telkomsel adalah melakukan restart hp dan melakukan setting. Untuk smartphone android proses ini dilakukan dengan memilih menu ‘Setting’, lalu memilih ‘Cellular’, diikuti dengan ‘Voice data’. Selanjutnya pilih ‘LTE/WCDMA/GSM’ untuk mengaktifkan jaringan 4G.

Sedangkan untuk smartphone IOS, yang harus dilakukan adalah masuk ke menu ‘Setting’, lalu pilih ‘Cellular’, diikuti dengan ‘Voice data’. Selanjutnya pengguna dapat memilih ‘4G’ untuk menyelesaikan setting. Jika pengguna melakukan setting ataupun migrasi dari kartu Telkomsel 3G ke 4G, tidak hanya kecepatan koneksi internet yang didapatkan, tetapi juga bonus kuota sebesar 10GB secara gratis. Keuntungan yang diperoleh dari cara menggunakan jaringan 4G Telkomsel ini merupakan wujud apresiasi oleh Telkomsel kepada pelanggan setianya.