Cara Menggunakan Kartu BPJS untuk Berobat - Untuk Anda yang merupakan peserta BPJS yang baru, Anda mungkin belum mengetahui bagaimana cara menggunakan BPJS. Untuk membantu Anda dalam menggunakan kartu BPJS ketika akan berobat, berikut ini akan disampaikan cara-caranya. Dengan begitu, Anda sebagai peserta BPJS dapat memanfaatkan BPJS dengan baik ketika sakit dan akan berobat. Jangan sampai Anda sebagai peserta kartu BPJS tidak bisa menggunakan layanan BPJS ini layaknya peserta BPJS lainnya hanya karena salah dalam menggunakannya ketika berobat ya.



Langsung Saja Berikut Ini Adalah Cara Tepat Dalam Menggunakan Kartu BPJS Untuk Berobat

1. Langsung mendaftar ke rumah sakit
Cara menggunakan BPJS untuk melahirkan dapat langsung mendaftar ke rumah sakit. Dengan catatan, sang ibu sudah mengalami pembukaan 8 atau sedang dalam keadaan darurat yang bisa saja mengancam jiwa. Selain melahirkan, peserta yan memiliki kartu BPJS juga bisa dirujuk untuk langsung ke rumah sakit jika sakitnya parah dan mengancam jiwa. Misalnya saja penyakit jantung dan penyakit-penyakit yang mengancam jiwa lainnya.

2. Rujukan ke klinik
Nah Jika peserta BPJS tidak sakit parah, maka cara menggunakan kartu BPJS yaitu dengan pergi ke klinik terdekat saja. Sebenarnya pilihan klinik ini disesuaikan dengan pilihan ketika Anda akan mendaftar BPJS. Jadi selain klinik, Anda juga dapat menggunakan kartu BPJS di fasilitas kesehatan tingkat 1 lain seperti Puskesmas atau dokter pribadi.

3. Rujukan dari klinik
Setelah melakukan cara menggunakan BPJS nomor 2, peserta BPJS akan menerima kesimpulan penyakit yang diderita dari petugas klinik, Puskesmas atau dokter pribadi. Dari kesimpulan itulah peserta BPJS akan menerima rujukan untuk berobat ke rumah sakit atau tidak.

4. Datang ke rumah sakit
Jika Anda sebagai peserta BPJS menerima rujukan untuk pergi ke rumah sakit, maka segera datang ke rumah sakit. Namun jangan mendaftar secara reguler, tetapi mendaftarlah sebagai peserta BPJS. Yaitu dengan mengikutsertakan kartu BPJS anda, fotokopi kartu BPJS, fotokopi identitas dan juga surat rujukan dari klinik atau Puskesmas atau dokter pribadi tadi. Cara mengurus kartu BPJS di rumah sakit memang harus dilakukan sejak awal pendaftaran. Jika Anda sudah terlanjur mendaftar secara reguler, maka Anda tidak dapat menerima layanan layaknya peserta BPJS lainnya.

Baca juga:
Langkah Mudah Cara Menggunakan Aplikasi Bigo Live
Cara Menggunakan Multitester Digital untuk Mengukur
Cara Menggunakan Beauty Blender yang Benar

5. Tunggu proses
Ketika sudah selesai melakukan cara menggunakan BPJS di atas, tunggulah prosesnya beberapa saat. Biasanya pihak rumah sakit akan mempertimbangkan apakah Anda bisa berobat di rumah sakit tersebut atau tidak. Tentunya saja dengan mempertimbangkan hal-hal sesuai dengan aturan yang ada.

Setelah Anda mengetahui hal ini, sebaiknya jangan asal dalam berobat hanya karena Anda sudah terdaftar sebagai peserta pemilik kartu BPJS. Misalnya saja Anda hanya demam atau flu, maka Anda tidak perlu langsung ke rumah sakit. Tujuannya adalah agar rumah sakit dapat bekerja secara maksimal yaitu untuk mengobati atau mengurus orang-orang yang akan terancam jiwanya. Sementara demam atau flu dapat diobati di Puskesmas atau klinik saja terlebih dahulu. Itulah yang dapat disampaikan mengenai cara menggunakan kartu BPJS untuk berobat yang benar. Semoga bermanfaat. Seluruh kota di Indonesia sudah mempunyai tempat wifi corner yang cukup memadai. Dengan cara menggunakan data wifi Telkomsel ini akan semakin temudahkan lagi.