Tips Merawat Serta Cara Menggunakan Oven Kompor Yang Benar - Banyak dari kalangan masyarakat menggunakan Oven kompor untuk memasak. Oven kompor merupakan salah satu oven tradisional yang sampai saat ini masih banyak digunakan. Meskipun sudah ada oven listrik yang lebih modern, tapi oven kompor ini lebih sering digunakan oleh para pengusaha roti. Hal ini dikarenakan oven kompor harganya lebih murah dan terjangkau dan bisa menekan biaya produksi. Cara menggunakan oven kompor ini juga tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Oven kompor ini juga memiliki kapasitas yang sangat besar dibandingkan dengan oven listrik.



Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan oven kompor, berikut ini beberapa tips cara menggunakan oven kompor untuk menghasilkan panggangan yang sempurna.

Tips Cara Penggunaan Oven Kompor Yang Tepat

1. Panaskan oven terlebih dahulu
Langkah awal Cara menggunakan oven kompor hock dan oven kompor merek lainnya adalah Anda harus memanaskan ovennya terlebih dahulu. Berbeda dengan oven listrik yang sudah bisa panas dalam waktu yang singkat, maka oven kompor membutuhkan waktu yang sedikit agak lama untuk memanaskannya. Untuk memanaskan oven kompor ini biasanya membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit saja. Dalam memanaskan oven kompor ini, sebaiknya gunakan api yang sedang saja agar tidak terlalu panas.

2. Gunakan rak oven sesuai dengan kebutuhan
Setiap tingkatan pada oven kompor tentunya mempunyai tingkat kepanasan yang berbeda. Oleh karena itu, dalam cara menggunakan oven kompor ini pengguna diharuskan menggunakan rak sesuai dengan kebutuhan memanggang. Untuk memanggang roti atau kue kering, sebaiknya gunakan rak tengah dan atas. Sedangkan untuk roti ataupun daging bisa menggunakan rak bawah yang lebih panas.

Baca juga:
Tahapan Cara Menggunakan Aplikasi Penetrate untuk Membobol Password Wifi
Tahapan cara menggunakan GrabCar dengan aplikasi
Tahapan Cara Menggunakan BCA Mobile Dari Smartphone

3. Letakkan pasir pada rak bawah untuk menghindari oven terlalu panas
Berbeda dengan oven listrik yang bisa diatur suhunya agar merata, oven kompor justru tidak bisa secara otomatis mempunyai panas yang rata. Agar panas pada oven rata dan tidak terlalu panas, maka letakkanlah pasir pada rak bawah. Dengan adanya pasir ini bisa membuat oven tidak terlalu panas.

4. Selalu tunggui kompor pada saat mengoven
Selanjutnya Cara menggunakan oven kompor untuk menjaga keamanannya adalah selalu ditunggui pada saat memanggang. Oven kompor tidak mempunyai timer otomatis seperti oven listrik, oleh karena itu pada saat memanggang sebaiknya ditunggui agar makanan yang dipanggang tidak menjadi gosong.

5. Matikan kompor dan biarkan oven terbuka beberapa saat
Jika sudah selesai memanggang, segera matikan kompor dan bukalah pintu oven. Jangan tutup pintu oven terlebih dahulu, biarkan pintu terbuka selama beberapa saat. Hal ini dilakukan agar udara panas pada oven bisa keluar dan oven tidak mudah rusak karena kepanasan.

Dengan tips cara menggunakan oven kompor ini Anda bisa menghasilkan panggangan yang sempurna dan sesuai dengan keinginan. Agar oven kompor ini bisa tetap awet dan tahan lama, maka Anda perlu merawatnya dengan benar. Oven kompor ini perlu dibersihkan secara rutin dari kotoran sisa adonan roti ataupun kue. Cara membersihkan oven kompor ini harus dilakukan secara hati-hati agar oven tidak mudah rusak. Walaupun cara menggunakan oven listrik lebih praktis, namun untuk usaha kue dan roti lebih disarankan menggunakan oven kompor.