Cara Melacak HP Dengan GPS Menggunakan ADM - Tidak ada seorang pun yang rela jika kehilangan smartphone. Bukan hanya harganya yang menjadi masalah, tetapi berbagai data yang tersimpan tentu akan sangat berarti bagi pemiliknya. Karena itu jika hp tersebut hilang, sebaiknya kita berusaha mencarinya. Siapa tahu hp tersebut hanya terselip atau tertinggal di suatu tempat. Untuk mengetahui dimana keberadaan perangkat tersebut, kita bisa menggunakan cara melacak hp dengan GPS menggunakan ADM atau ‘Android Device Manager’.



Syarat Melakukan Cara Melacak HP Dengan GPS menggunakan ADM

ADM menjadi tool yang bisa membantu kita menemukan sebuah smartphone ataupun tablet android yang hilang dengan mudah. Semua perangkat android pasti telah memilikinya. Tool ini bisa langsung digunakan tanpa harus menginstal sebuah aplikasi pelacak. Cara melacak hp dengan bantuan ADM ini bisa langsung dilakukan setelah beberapa syarat terpenuhi. Salah satu syarat tersebut adalah hp android yang akan dicari sudah terkoneksi dengan akun Google, misalnya Gmail.

Syarat yang kedua adalah hp tersebut terlebih dahulu sudah disetting ‘On’ untuk mengijinkan ADM menemukan lokasinya. Biasanya settingan ini memang sudah dilakukan secara default. Syarat berikutnya adalah kondisi hp yang akan dicari dalam keadaan hidup dan terhubung pada jaringan internet. Jika ada kemungkinan perangkat tersebut dicuri, maka sebaiknya pencuri belum melakukan factory reset pada perangkat. Karena jika hal itu sudah terjadi, maka cara melacak hp dengan GPS tersebut tidak bisa dilakukan.

Cara Menggunakan ADM Untuk Melacak Ponsel Android

Jika syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, maka pelacakan hp bisa dimulai. Tracking GPS ini bisa dilakukan melalui laptop, PC ataupun smartphone lainnya. Langkah pertama adalah membuka browser Chrome. Kemudian buka https://www.google.com/android/devicemanager. Langkah berikutnya adalah masuk atau melakukan sign in ke akun Gmail yang dimiliki. Akun ini seharusnya merupakan akun yang terpasang pada perangkat smartphone yang sedang dicari.
Setelah proses sign in berhasil, maka laman ADM akan terbuka dan secara otomatis melakukan pelacakan melalui GPS terhadap lokasi hp yang dicari.

Jika pelacakan ini tidak berjalan secara otomatis, kita bisa mengklik menu pada pojok kanan bagian atas dan memilih ‘Locate device’. Jika proses tracking selesai dilakukan, maka lokasi perangkat akan terlihat melalui sebuah peta. Jika cara melacak hp dengan GPS ini ternyata terhubung pada lebih dari satu perangkat, maka lakukan tap di nama perangkat yang dicari.

Setelah mengetahui keberadaan hp yang dicari, beberapa tindakan kemudian bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menderingkan smartphone, sehingga bisa diketahui keberadaan pastinya. Jika ternyata perangkat tersebut dicuri, maka setelah melakukan cara melacak hp dengan GPS dengan bantuan ADM, kita juga bisa mengunci perangkat, agar tidak bisa dibuka dan digunakan oleh pencurinya.