Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI, Nomor Unik Pada Perangkat HP - Saat ini, tingkat kehilangan HP di Indonesia masih sangat tinggi sehingga sangat penting untuk menjaga keamanan HP tersebut maupun data yang ada di dalamnya. Berbagai fitur pelacakan HP hilang bisa kita jumpai untuk lebih memproteksi HP yang kita miliki. Cara melacak HP hilang dengan IMEI saat ini, masih belum populer diketahui oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena cara ini memang masih belum digunakan secara menyeluruh sebagai sebuah sistem keamanan.



Nomor IMEI merupakan nomor yang berisi 15 digit yang bisa digunakan sebagai identitas produk. IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Station Equitment Identity. Dengan demikian, nomor ini adalah nomor yang digunakan secara internasional. Nomor yang ada merupakan nomor yang unik sehingga akan berbeda antara satu ponsel dengan ponsel lalinnya. Karena itu, cara melacak HP hilang dengan IMEI sangat mungkin untuk dilakukan.

Untuk melakukan pelacakan terhadap posisi hp yang hilang, kita memerlukan bantuan dari beberapa pihak. Karena proses yang dianggap merepotkan ini, maka pencarian dengan cara ini jarang dilakukan. Selain itu, ada juga HP yang tidak memiliki nomor IMEI karena produk tiruan. HP jenis ini tidak bisa dicari dengan cara ini apabila terjadi kehilangan. Berikut ini beberapa prosedur yang bisa kita jalankan untuk melacak HP hilang dengan IMEI.

1. Langkah pertama adalah mengetahui nomor IMEI hp yang kita miliki. nomor ini, biasanya terdapat pada bodi hp. Karena itu kita bisa mencatat nomor tersebut sebelum hp yang kita miliki hilang.

2. Apabila terjadi kehilangan, langkah yang harus kita lakukan adalah lapor polisi untuk mendapatkan surat keterangan yang menyatakan bahwa anda telah kehilangan hp dengan spesifikasi tertetu, jangan lupa cantumkan nomor IMEI pada surat kehilangan anda.

3. Langkah selanjutnya adalah dengan cara melacak HP hilang dengan IMEI yang bisa anda lakukan melalui operator kartu sim yang anda gunakan pada saat HP hilang. Jangan lupa bawa kartu identitas dan surat kehilangan dari polisi tersebut.

Dengan melakukan ketiga langkah tersebut, maka posisi hp yang hilang akan dengan cepat ditemukan. Hal ini, karena konfigurasi posisi akan cepat ditemukan karena dilakukan oleh operator langsung. Dengan menggunakan cara ini, kemungkinan ditemukan akan lebih besar. Selain itu, bila kehilangan yang terjadi karena adanya pencurian, kita bisa menangkap pencuri karena cara melacak HP hilang dengan IMEI juga melibatkan pihak yang berwenang dalam hal tersebut.

Meskipun memiliki kemungkinan yang besar, cara ini tidak dilakukan di Indonesia. Hal itu karena belum ada aturan yang bisa digunakan untuk memaksa operator melakukan hal tersebut. hinggga bila kita melakukan cara melacak HP hilang dengan IMEI, maka kemungkinan besar operator akan menyangkal bisa melakukan hal tersebut karena merepotkan. Untuk bisa menggunakan cara ini, maka diperlukan regulasi yang baik hingga masyarakat bisa terlindungi dengan baik.