Cara Membuka Google Drive di Gmail dan Menggunakannya - Google Drive menjadi salah satu layanan Google yang mampu memecahkan berbagai kekhawatiran pengguna komputer. Layanan ini sangat membantu untuk menyimpan atau melakukan back up berbagai jenis file. Jika terjadi kerusakan pada komputer atau laptop, maka file yang telah disimpan di Google Drive masih bisa diperoleh kembali. Begitu juga jika perangkat yang dimiliki terserang virus, maka file-file tersebut bisa diselamatkan. Untuk mempermudah penggunaannya, telah disediakan cara membuka Google Drive di Gmail ataupun cara menggunakannya seperti yang akan dibahas berikut ini.



Sebelum mengetahui cara membuka dan menggunakan Google Drive, ada baiknya kita memahami dulu keuntungan menggunakan layanan ini. Yang pertama adalah bisa diperolehnya kapasitas penyimpanan hingga 5GB secara gratis. Jika ingin memiliki kapasitas lebih, maka dapat dipilih layanan berbayar. Selain itu, file-file yang bisa terdiri dari foto dan video tersebut juga dapat di share. Beberapa aplikasipun bisa diinstal menggunakan Google Drive.

Cara Membuka Google Drive Di Gmail Dengan Mudah

Dengan menggunakan browser, kita bisa memasuki Google Drive dari http://drive.google.com. Tetapi untuk mempermudah penggunanya, Google juga memungkinkan layanan ini dibuka melalui akun Gmail yang sudah dimiliki. Cara membuka Google Drive di Gmail ini sangat mudah, cukup dengan melakukan sign in terlebih dahulu ke akun Gmail. Setelah itu kita bisa mengklik icon kotak-kotak yang berada di sebelah kanan atas. Jika muncul pilihan beberapa gambar, klik gambar segitiga yang bertuliskan drive. Kita pun sudah bisa memasuki layanan penyimpanan file tersebut.

Cara Menggunakan Google Drive Untuk Mengirim File Dan Menyimpannya

Setelah cara membuka Google Drive di Gmail dilakukan, kita kemudian bisa langsung menyimpan berbagai jenis file. Untuk melakukan penyimpanan tersebut, dapat digunakan tombol ‘New’ ataupun icon ‘My Drive’ pada toolbar. Penggunaan kedua cara ini tidak jauh berbeda, yaitu bisa dimulai dengan membuat folder baru. Setelah itu file bisa disimpan dengan mengklik ‘Upload files’ lalu memilih file yang dimaksud. Kita pun bisa mengupload sebuah folder dengan mengklik ‘Upload folder’.

Baca juga:
Cara Membuka Tabungan BRI Beserta Syaratnya
Cara Membuka Akun Google Lupa Kata Sandi
Cara Membuka FB Yang Diblokir Sementara dan Penyebabnya Pemblokiran

File-file yang sudah disimpan tersebut kemudian bisa dibagikan atau di share. File tersebut bisa dibagikan melalui email atau link download. Untuk berbagi file melalui email, kita harus masuk ke menu ‘My drive’ terlebih dahulu. Kemudian lakukan klik kanan di file yang akan dibagikan. Sedangkan jika ingin berbagi file bisa dilakukan dengan mengklik ‘Share’. Kemudian akan terlihat sebuah form isian yang bisa digunakan untuk memasukkan alamat tujuan.

Berbagai file yang dikirimkan juga bisa ditambahkan pesan-pesan tertentu. Google drive juga menyediakan fitur yang membuat file-file tersebut bisa dikomentari atau didiskusikan. Tidak hanya itu, dengan atribut yang ditambahkan pengirim file, maka penerima bisa melakukan editing. Dengan kemampuan-kemampuan ini maka cara membuka Google Drive di Gmail dan menggunakannya akan sangat bermanfaat dan menarik.