Cara Melacak Sandi Wifi Menggunakan Aplikasi - Untuk dapat mendapatkan koneksi internet, ada berbagai cara yang bisa digunakan. Salah satu cara yang disukai adalah memanfaatkan jaringan wifi. Kecepatan koneksi menjadi alasan banyak orang menggunakannya. Selain itu jaringan wifi kini banyak disediakan diberbagai fasilitas umum yang mudah dijangkau. Dalam memanfaatkan wifi, sebuah password atau kata sandi umumnya dibutuhkan. Cara melacak sandi wifi yang belum diketahui bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan aplikasi.



Cara Melacak Sandi Wifi Menggunakan AirCrack

Berbagai aplikasi bisa dimanfaatkan untuk melacak password wifi. Diantaranya adalah WireShark, Penetrate Pro, Wifi Key dan AirCrack. Aplikasi AirCrack sendiri merupakan sebuah program yang awalnya memiliki fungsi untuk mengaudit password WPA dan WEP dengan cara merubah kode hasil airodump. Tetapi ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melacak password wifi. Karena kemudahan dalam penggunaannya, maka banyak orang yang memilih menggunakan aplikasi ini. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melacak kata sandi tersebut adalah :

1. Mempersiapkan aplikasi
Cara melacak sandi wifi dengan menggunakan aplikasi AirCrack dilakukan dengan menggunakan sebuah komputer atau laptop. Langkah pertama bisa dimulai dengan melakukan download aplikasi melalui website www.aircrack-ng.org/download.html. Di situ akan ditemukan beberapa jenis program dan kita bisa memilih mana yang paling cocok dengan komputer atau laptop yang digunakan. Setelah download berhasil, lakukan extract file pada komputer atau laptop.

2. Menjalankan aplikasi
Setelah mempersiapkan aplikasi pada komputer maupun laptop, cara melacak sandi wifi berikutnya adalah menghidupkan wifi yang ada pada perangkat. Untuk mempermudah, kita bisa memilih jaringan wifi yang memiliki sinyal paling kuat. Kemudian dari hasil extract file yang sudah dilakukan, kita harus membuka folder yang bernama aircrack-ng-1.0-rc1-win. Setelah itu lanjutkan dengan membuka folder bin. Agar aplikasi bisa dijalankan, lakukan klik sebanyak dua kali pada file ‘Wzcook’. Setelah itu AirCrack akan mulai berjalan untuk melakukan pelacakan kata kunci.

3. Mendapatkan password
Aplikasi AirCrack yang mulai berjalan kemudian akan memunculkan sebuah pesan yang intinya memberitahukan kalau password sudah tersimpan. Dalam pesan tersebut juga diberi petunjuk untuk melakukan ‘Press Ctrl-c’. Setelah pesan tersebut terlihat, maka kita bisa mengikuti perintahnya dengan menekan tombol ‘Ctrl+C’ yang ada pada laptop. Kemudian dilanjutkan dengan membuka folder C. Disana akan terlihat sebuah file yang bernama ‘wpkey.text’. Password wifi yang kita lacak sudah berada di dalam file tersebut.

Cara melacak sandi wifi dengan aplikasi AirCrack memang sangat mudah. Kita tidak perlu melakukan root perangkat terlebih dahulu. Kita pun bisa melakukan pelacakan terhadap kata sandi wifi yang belum pernah digunakan sebelumnya. Tetapi walaupun mudah, sebaiknya cara ini digunakan untuk keperluan yang positif, tanpa menimbulkan kerugian pada pihak lain. Selamat mencoba.